SEJARAH

Asal Usul

Sebuah cerita yang hebat selalu memiliki awalan yang kuat. Moto Guzzi adalah perusahaan publik terbatas yang didirikan di Genoa pada 15 Maret 1921. Ketiga pendirinya adalah teman yang terikat oleh keberanian dan harga diri: pemilik kapal, Emanuele Vittorio Paordi dan kedua anaknya yang bernama Gorgio dan Carlo Guzzi, mantan anggota Angkatan Udara Itali. Mereka merancang logo Moto Guzzi yang berbentuk burung Elang dengan sayap yang mengembang. Logo tersebut menjadi simbol yang epik dan dipilih untuk mengenang teman mereka Giovanni Ravelli, seorang pilot yang meninggal pada 11 Agustus 1919 dalam uji coba penerbangan.

Lahirnya Sang Legenda

Produk pertama Moto Guzzi langsung dijadikan tolak ukur dan disebut Normale dengan kemampuan mesin sebesar 8 Hp. Tetapi hal ini adalah proyek yang menggabungkan antara semangat dan teknologi yang membawa kesuksesan untuk Moto Guzzi, dari tipe Normale sampai dengan Guzzi GT yang melegenda pada tahun 1928. Motor ini dijuluki “Norge” setelah menempuh perjalanan yang tak terlupakan dengan jarak 4.429 km ke arah lingkaran Artik. Tujuh puluh delapan tahun kemudian, pada Juli 2006, 14 jurnalis mengulang kejayaan saudara Calro Guzzi yang bernama Giuseppe, yang dikenal sebagai Naco, dengan menggunakan tipe baru Norge 1200. Perusahaan ini juga telah menorehkan nama di kejuaraan balap motor. Kemenangan pertama di Taraga Florio tahun 1921 menjadi awal mula perjalanan kemenagan yang begitu gemilang sebanyak 3.329 kemenangan. Pada saat Moto Guzzi menarik diri dari balap pada tahun 1957, mereka telah mendapatkan penghargaan sebanyak 11 turis Trophies (terutama kemenangan Omobono Tenni’s di tahun 1937) dan 15 kejuaraan balap dunia lainnya.

Periode Kejayaan Pasca Perang

After the tragedy of World War II, Moto Guzzi made history with the unforgettable Airone 250: developed in 1939, for more than 15 years this bike was the most popular mid-ranger in Italy. It provided an excellent foundation for new decades of Guzzi successes, led by models like the Falcone and the Guzzino 65, the best-selling Guzzi ever. Subsequently, the legendary brand was consolidated by the Galletto (1950), the Cardellino (1954) and the Lodola 175 (1956). In 1950 Moto Guzzi was the first motorcycle manufacturer to build a futuristic wind tunnel, in Mandello del Lario. The racing team was a brilliant group including engineers Umberto Todero and Enrico Cantoni, and a designer whose name would soon go down in history: Milan-born Giulio Cesare Carcano, creator of the Guzzi V8 (Otto Cilindri), a motorcycle capable of achieving 285 km/h at top speed.

Kemenangan dari Kekuatan

Langkah lain yang menentukan untuk Moto Guzzi datang pada akhir tahun 1960, dengan pengembangan mesin 90 ̊ V-twin. Dengan penampilan dan hasil yang sangat memuaskan, mesin V-twin ini menjadi lambang untuk konstruksi di Mandello del Lario. Mesin V-twin ini menjadi kekuatan utama dari tipe Moto Guzzi seperti Guzzi V7, V7 special dan legenda lainnya. Guzzi 7 sport adalah model pertama yang diproduksi massal dengan kecepatan akhir 200km/h. Mesin V-twin yang menakjubkan ini dibuat dalam volume yang lebih kecil seperti V35, V50 dan V65.

Menggabungkan Legenda

California adalah seri Moto Guzzi yang paling terkenal di Dunia. Seri itu dikembangkan untuk Departemen Kepolisian Los Angeles dan dinamakan si Duta besar. Seri tersebut menjadi unggulan dari berbagai Moto Guzzi selama empat puluh tahun. California 1400 telah membangun mitos dengan memproduksi empat jenis mesin selama tujuh generasi antara lain 750, 850, 1000, 1100, dan dengan sistem pengereman yang terintegrasi. Sementara itu warisan motor balap Moto Guzzi dikembangkan dengan mengeluarkan beberapa model seperti Le Mans 850, the Daytona dan Sport 1100. Tanpa membuat kesalahan Moto Guzzi tampil kembali dengan kuat pada tahun 1990an menghadirkan seri baru Califorina seperti Nevada, Centauro dan V11 Sport.

Era Milenium

Pada tanggal 30 Desember 2004, Moto Guzzi menjadi bagian dari Piaggio Group. Dalam dunia balap, tipe MGS01 telah menjuarai kejuaraan “battle of the twins” di Daytona selama 2 tahun berturut-turut. Dengan terus melakukan inovasi, pada tahun 2006 Moto Guzzi meluncurkan seri barunya yaitu Norge dan 1200 Sport, pada tahun 2007 Moto Guzzi kembali meluncurkan Griso 1200 V8 dan Bellagio (sepeda motor kustom yang didukung oleh mesin short-stroke 940 cc twin-cylinder), dan diikuti oleh Stelvio 1200 di tahun 2008. Pada tahun 2009 Moto Guzzi merilis tiga jenis desain prototype terbaiknya. Secara hampir bersamaan, Piaggio Group mengumumkan program investasi untuk pengembangan varisasi produk dan fasilitas produksi di Mandello del Lario.

Sembilan Puluh Tahun Kedepan

Di tahun 2011, Mandeollo Eagle merayakan ulang tahun-nya yang ke 90. Madeollo Eagle terus terbang tinggi dan berkembang didukung oleh solidaritas industri, keberhasilan produk-produk-nya (salah satu contohnya, restyled V7 dengan mesin ), dan hari Guzzi sedunia, dimana ribuan Guzzi devotees berkumpul untuk merayakan kekuatan dari merek ini. Moto Guzzi mampu mengembangkan tradisi keberanian secara unik dan berusaha mengembangkannya dengan tampilan yang palingmodern, teknologi untuk produksi dan desain.

Dibuat dengan Bangga Di Italia

Jenis baru California 1400 adalah sepeda motor yang pertama dari yang pertama. Karena memiliki mesin tipe 1400 yang memecahkan rekor sebagai mesin V-twin terbesar di Eropa. Mesin 90 ̊ V-twin yang bertenaga ini dipasang secara elastis pada rangka yang baru, mengantarkan torsi 120 Nm pada 2750 rpm. Di setiap desain dari California Touring dan California Custom memadukan gaya modern terbaik, teknologi mutakhir dengan gaya klasik dan keanggunan merk Moto Guzzi: Multimap ride by wire accelerator, cruise control, dan Dibuat oleh tangan di pabrik Mandello del Lario, dimana sepeda motor Moto Guzzi telah bekembang tanpa gangguan dari tahun 1921, dan model California 1400 telah membuktikan bahwa setiap pengerjaan komponennya dilakukan dengan kualitas yang tinggi. Moto Guzzi California adalah kendaraan yang unik dengan kekuatan untuk menonjolkan kepribadian pelanggan yang bergairah dan eksklusif.